Friday, February 20, 2009

Persamaan antara Mabda dan OOP

Keliatanya sih maksa tapi menarik untuk dibahas ...... :D
Jadi begini ada yang pernah dengar Mabda?
Kalo belum saya saranakan baca Nidzomul Islam (Peraturan Hidup dalam Islam) terbitan PTI atau HTI, khususnya di bab Qiyadah Fikriyah. Disana dijelaskan tentang apa itu Mabda. Mabda merupakan Aqidah Aqliyah yang melahirkan nizdom (seperangkat aturan tentang kehidupan/sistem hidup). Jadi mabda terdiri dari dua bagian, yaitu Aqidah Aqliyah dan Nidzom (atau metode untuk menerapkan aqidah aqliyahnya). Namun dalam hal ini Aqidah aqliyah bisa dikatakan sebagai Fikroh (solusi untuk berbagai masalah), sedangkan Nidzom adalah metode untuk menerapkan Fikroh(Aqidah aqliyah, sebagai solusi atas berbagai permasalahan hidup).

Jadi sederhananya Mabda itu terdiri dari dua bagian fikroh dan thoriqoh. Semua mabda pasti memiliki dua hal ini, yaitu fikroh dan thoriqoh, baik itu mabda Kapitalis, mabda Sosialis, maupun mabda Islam, semuanya memiliki fikroh dan thoriqoh. Lalu apa hubungannya dengan OOP?? dan apa OOP itu??


OOP yang saya maksud disini adalah salah satu teknik pemrograman komputer (hihiihi... maksa yah :D) iya jadi begini, OOP(Object Oriented Programming) itu kan teknik pemrograman yang berorientasi pada objek, dimana setiap objek itu pasti memiliki state dan method (ini klo saya pake istilah dalam bahasa pemrograman Java). Jadi miripkan dengan denga Mabda. Jadi klo dalam mabda ada Fikroh sedangkan di OOP ada State, nah klo di Mabda ada Method sedangkan di mabda ada Thoriqoh. tadaaa..... :D
nanti saya terusin deh klo penasaran...



No comments: